Mari Nikmati Masa SMA

Senin, 08 Agustus 2011

Mari Nikmati Masa SMA
Assalamu’alaikum.wr.wb
Sekolah Menengah Atas di Indonesia normalnya ditempuh selama 3 tahun. Namun banyak sekali mantan pelajar SMA yang mengeluh karena merasa masa SMA terlewatkan begitu saja. Memang waktu berlalu begitu cepat apabila kita tidak memanfaatkannya secara optimal. “terlalu cepat rasanya sekolah di sma, ga kaya’ waktu SD dulu”, umumnya umpatan seperti itulah yang terlontar. Nah, ini adalah tips bagi teman-teman yang masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas untuk dapat menikmati masa SMA sebaik mungkin.
*      Tahun pertama
Bagi siswa baru, lingkungan sekolah baru adalah hal yang ganjil. Bagi yang supel sih bukan masalah, namun bagi yang kuper ini menjadi sangat bermasalah. Tahun pertama sebaiknya dimanfaatkan untuk berorientasi dengan orang-orang baru dan lingkungan yang baru. Jangan sampai menorehkan image buruk saat pertama kali bertemu. Usahakan dapat teman sebanyak dan seakrab mungkin. Begitu pula berusahalah untuk disayang guru. Karena manusia adalah makhluk sosial yang pasti membutuhkan satu sama lain.
*      Tahun kedua
Ini adalah waktu yang tepat untuk aktif dan produktif. Kembangkan segala potensi akademik maupun non akademik yang kita punya. Waktu ini sangat tepat untuk mencetak berbagai prestasi. Karena biasanya lembaga penyelenggara beberapa kompetisi merekomendasikan siswa yang berusia sekitar di tahun ke 2 SMA ini. Mari menjadi pribadi dengan etos kerja yang tinggi di waktu yang longgar ini!
*      Tahun ketiga
Fokus untuk menempuh ujian nasional adalah hal yang terpenting untuk dilakukan. Bagi siswa yang sulit untuk fokus pada satu hal, maka sebaiknya vakum sejenak untuk menggapai hasil UN yang terbaik. Bagaimanapun juga, nilai ujian akan dicantumkan dalam ijazah, yang berguna bagi masa depan kita.
By the way, tujuan utama sekolah adalah untuk ibadah, namun kita perlu berlari mengejar prestasi. Walaupun demikian, ada tujuan lain dari sekolah, seperti membentuk relasi yang solid antar kawan dan mendapatkan ketentraman atas kegembiraan. Jadi, atur waktu SMA kita sebaik mungkin. Jangan lupa “put first thing first”.
Inilah sekedar opini saya dari pemantauan yang saya lakukan di SMA saya, SMAN 10 Malang Sampoerna Academy. Semoga dapat menyadarkan kawan-kawan agar tidak menyesal jika masa SMA telah pergi meninggalkan kita di hari tua.
Wassalamu’alaikum.wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar